Super Robot Wars

Super Robot Wars (スーパー ロボット 大戦) adalah role playing tactical video game yang diproduksi oleh Banpresto, sebuah divisi perusahaan game jepang Jepang Namco Bandai. Fitur utamanya adalah memiliki plot yang melibatkan beberapa judul mekanisme, yang memungkinkan karakter dari judul yang berbeda untuk bergabung atau pertempuran satu sama lain (atau juga bisa disebut cross over). Game pertama di waralaba dirilis untuk Nintendo Game Boy pada tahun 1991 dan kemudian permainan yang dirilis pada konsol dan berbagai handheld. Saat ini, hanya 3 game telah dirilis di luar Jepang dan ketiga tiganya menggunakan bahasa inggris.

Gameplay(permainan)

Semua permainan mengikuti struktur dasar: ketika stage satu arena dimulai, karakter menerima dialog pendahuluan antara karakter yang bisa dimainkan, yang mengarah ke skenario di medan perang. Untuk menyelesaikan sebuah skenario, pemain harus mencapai tujuan skenario. Beberapa skenario yang lebih lama, dengan misi multi-bagian atau memiliki tujuan yang baru ditambahkan sebagai cerita terungkap. Pada medan pertempuran, pemain dan musuh bergiliran memerintahkan unit mereka dengan perintah yang tersedia, seperti gerakan, menyerang, membentuk regu dan casting "spirit command", satu set seperti mantra sihir yang unik untuk setiap pilot. Setelah skenario diselesaikan, dialog yang lebih dipertukarkan antara karakter sebelum pemain tersebut dibawa ke sebuah menu istirahat. Di sini, unit dapat ditingkatkan atau bagian opsional diinstal, statistik karakter 'dan keterampilan dapat diubah atau ditingkatkan, dan tindakan perawatan lainnya dapat dilakukan sebelum pemain terus melanjutkan permainan.

Banyak permainan juga memiliki fitur tersembunyi yang hanya dapat diperoleh melalui urutan khusus peristiwa atau menyelesaikan tujuan yang menantang opsional. Beberapa bonus termasuk tahap tambahan, akhiran yang berbeda, ditangkap mesin musuh dan upgrade khusus untuk unit khusus, seperti Paket IWSP untuk x105 GAT-Strike Gundam. Dalam beberapa permainan ini disebut "Skill Points" dan kesulitan dari permainan meningkat sesuai.

Unit

Unit dalam game umumnya dipisahkan menjadi dua kategori: "super robot" dan "real robot". Super robot adalah robot yang secara teknologi masuk dalam kategori "mustahil" untuk diciptakan. Contoh dari jenis super robot adalah Getter Robo series, (logam macam apa yang dapat berubah bentuk secara bebas untuk membentuk sosok robot). Tipikal jenis super robot adalah sebuah unit berat berukuran raksasa dengan health point yang sangat tinggi, memiliki armor yang kuat, mekanisme persendian yang tidak jelas, serangan pamungkas yang kuat, dan memiliki gerakan "lebay" untuk mengeluarkan suatu serangan yang seringkali diikuti dengan teriakan penuh semangat dari sang pilot. Real Robot sendiri adalah kebalikan Super Robot, dimana secara teknologi robot jenis ini terlihat mungkin diciptakan, bahkan seringkali teknologi yang digunakan berdasarkan pada teknologi yang telah ada (walaupun sedikit dilebih-lebihkan). Contoh dari jenis real robot adalah Gundam dan Macross series, dimana robot-robot tersebut didesain secara teliti untuk setiap bagiannya hingga ke bagian persendian, penyimpanan senjata dan amunisi. Tipikal jenis real robot adalah robot yang dapat bergerak cepat dan gesit, memiliki health point dan armor yang rendah, ukuran yang lebih kecil, serangan yang lebih lemah dan jenis serangan pun lebih berupa persenjataan fisik tanpa gerakan yang "lebay" seperti pada super robot.

Walau begitu tetap ada beberapa jenis robot yang bersifat ambigu, contohnya adalah Lord of Elemental series (Cybuster, Valsion) yang berukuran real robot, namun gaya serangan mengikuti super robot, atau SRX series yang berukuran super robot, namun gaya serangan dan teknologinya berbasiskan real robot.

Selain sebagai penyerang, beberapa robot memiliki karakteristik sebagai "unit pendukung", robot jenis ini memiliki kemampuan meregenerasi Health Point, Energy ataupun amunisisi. Keberadaan kapal induk/ kapal tempur pun dapat menjadi penentu jalannya pertempuran dan area perang, hal ini terutama sangat berlaku pada robot yang berasal dari Nadesico series dan Evangelion series.

Meskipun setiap unit menempati kotak pada peta taktis dan memiliki sedikit perbedaan visual dalam animasi pertempuran, suatu keuntungan bagi super robot unit dalam hal defensif dan ofensif bonus terhadap unit yang lebih kecil(real robot/vehicle/pesawat tempur), tetapi membawa kerugian untuk penghindaran dan akurasi.

Beberapa unit memiliki karakteristik unik lainnya: misalnya, Getter Robo dapat berubah menjadi bentuk yang berbeda dengan senjata baru dan atribut yang berbeda. Untuk memberikan kebebasan lebih pemain di kustomisasi, beberapa pilot dapat beralih ke mesin lainnya dari seri yang sama, seperti menempatkan Zeta Gundam pilot Kamille Bidan ke MSZ-010 Zeta Judau Ashta's ZZ Gundam.



sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Super_Robot_Wars

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Super Robot Wars"

Posting Komentar

Final Fantasy mini game