Sejarah Playstation dan Spesifikasinya
Spesifikasi
CPU Utama
Chip RISC R3000A-kompatibel 32-bita (R3051) dengan kecepatan 33.8688 MHz
Chip ini diproduksi oleh LSI Logic Corp dengan lisensi teknologi dari SGI. Chip ini memiliki Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine) dan Mesin Dekompersi Data (Data Decompression Engine).
Fitur:
- Performa Operasi (Operating Performance) 30 juta instruksi per detik (MIPS)
- Lebar jalur data (Bus Bandwidth) 132 Mb/s
- Instruction Cache 4 KB
- Data Cache 1 KB (non associative, hanya 1024 bytes dari pemetaan SRAM -Static Random Access Memory- cepat)
Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine)
Terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan rendering grafis 3 dimensi.
Fitur:
- Performa Operasi 66 juta instruksi per detik
- 360,000 poligon Flat-shaded per detik
- 180,000 pemetaan tekstur dan poligon bersumber cahaya setiap detik (texture mapped and light-sourced polygons)
Pada awalnya Sony memberikan perhitungan poligon sebagai berikut:
- 1.5 juta poligon flat-shaded per detik
- 500,000 poligon texture mapped dan light-sourced per detik
Angka tersebut diberikan sebagai acuan untuk performa dalam kondisi optimal, jadi sangat tidak mungkin terjadi untuk kondisi normal.
Mesin Dekompresi Data (Data Decompression Engine)
Juga terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan dekompresi gambar dan video. Menurut dokumentasi: membaca 3 RLE-encoded 16x16 blok makro, menjalankan IDCT dan menyusun sebuah makroblok RGB 16x16. Data output di pindahkan langsung ke GPU melalui DMA. Sangat mungkin untuk melakukan overwrite matriks IDCT dan beberapa parameter tambahan, sayangnya instruksi internal MDEC tidak pernah didokumentasikan.
Fitur:
- Kompatible dengan file MPEG1 dan H.261
- Perfoma Operasi 80 juta instruksi per detik
- Terhubung langsung dengan Bus CPU
Unit Pengolah Grafis (Graphics Processing Unit)
Chip ini terpisah dari CPU dan menangani semua proses grafik 2 dimensi.
Fitur:
- Maksimum 16.7 juta warna
- Dapat menganai resolusi 256x224 sampai 640x480
- Memiliki frame buffer yang bisa diatur
- Unlimited Colour Lookup Tables
- Maksimum 4000 8x8 pixel sprites dengan individual scaling and rotation
- Dapat menangani latar belakang simultan (untuk parallax scrolling)
- Dapat melakukan Flat or Gouraud shading, dan texture mapping
Suara/Audio
Chip ini menangani proses suara/audio.
Fitur:
- Dapat menangani sumber ADPCM sampai 24 kanal dan sampai 44.1 kHz sampling rate
- Dapat melakukan efek digital termasuk:
- Pitch Modulation
- Envelope
- Looping
- Digital Reverb
- Dapat menangani sampel waveforms sampai 512Kb
- Mendukung instrumen MIDI
- Format nama file PC: .PSF
Memori
- RAM Utama: 2 Megabita (4 Megabita untuk "Blue Console")
- RAM Video: 1 Megabita
- RAM Suara: 512 Kilobita
- CD-Rom Buffer: 32 Kilobytes
- ROM sistem operasi: 512 Kilobita
- PlayStation Memory Cards memiliki kapasitas 128 Kilobytes di dalam EEPROM
CD-ROM
Fitur:
- Two Speed, maksimum transmisi data 300 KB/s
- XA Compliant
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/PlayStation
0 Response to "Sejarah Playstation dan Spesifikasinya"
Posting Komentar